Home » , » Ini Dia Alasan Tubuh Kamu Sering Merasa Lelah Tanpa Sebab

Ini Dia Alasan Tubuh Kamu Sering Merasa Lelah Tanpa Sebab

Written By Admin on Friday, April 7, 2017 | 6:37 PM

Ratu Berita - Lelah karena kesibukan yang padat memang sering terjadi terlebih lagi bila kamu tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta dengan kemacetan lalu lintas yang luar biasa. 

Tapi apakah kamu pernah merasakan tubuh kamu sangat lelah meski aktivitas kamu tidak terlalu banyak? 

Ini Dia Alasan Tubuh Kamu Sering Merasa Lelah Tanpa Sebab

Ada beberapa faktor yang bisa memicu hal ini. Ini ternyata terkait dengan gaya hidup dan kebiasaan kamu sehari-hari. Jika kamu mengalami hal seperti ini, kamu bisa mengatasinya dengan mengenali masalahnya terlebih dahulu. Dibawah ini adalah beberapa penyebab yang bisa memicu badan kamu terasa lelah tanpa sebab : 

1. Tidak berolahraga 

Kamu seharusnya juga bisa merasakan kelelahan karena tubuh kamu jarang bahkan tidak pernah bergerak. Aktiflah dengan melakukan olahraga secara teratur dan juga konsisten. Kamu tidak perlu langsung melakukan olahraga yang berat, kamu cukup berolahraga ringan namun dengan teratur seperti saat jalan sehat atau jogging. Jika kamu melakukannya dengan konsisten, kamu bisa mudah mengembalikan energi yang hilang. 

2. Semi-Somnia

Berbeda dengan penderita insomnia, penderita semi-somnia bisa tidur seperti biasa namun tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik karena mungkin mengalami gejala tidur tidak tenang, sering terbangun atau mungkin terlalu banyak pikiran saat tidur. Jika kamu mengalami hal-hal tersebut, maka kamu akan terbangun dengan badan letih hingga kepala berdenyut di pagi hari. 

3. Dehidrasi 

Menurut beberapa penelitian, kamu akan mudah merasa kelelahan saat tidak memenuhi minimal 1,5% kebutuhan air. Tidak hanya kelelahan saja, kamu juga bisa mengalami perubahan mood atau yang lebih sering disebut dengan mood swing. Jadi usahakan minum cukup air dan hindari minuman seperti soda, kopi, susu, teh hingga alkohol. 

4. Berolahraga terlalu banyak 

Sebaliknya, kamu tentu akan mudah merasa kelelahan jika berolahraga terlalu banyak bahkan jika kamu lakukan dengan intensitas yang tinggi. Kamu akan mudah merasa lelah dan stres fisik kalau tidak mengimbangi olahraga intensitas tinggi dengan istirahat yang cukup. 

5. Stres 

Terlalu stres tidak hanya membuat kamu lelah secara mental tapi juga secara fisik. Hormon kortisol yang dapat membantu tubuh kamu mengelola stres biasanya berada dalam tingkat tinggi pada pagi hari dan tingkat rendah saat malam hari. Jika kamu mengalami stres, maka hormon kortisol akan berantakan dan tidak akan menurun saat kamu tidur di malam hari sehingga akan menghasilkan kualitas tidur yang pasti buruk. 

6. Diet yang tidak seimbang 

Diet yang tidak seimbang bisa membuat kamu mudah lelah dan cepat mengatuk. Diet yang sehat tentu harus bia memenuhi kebutuhan menu sehari-hari berupa protein, karbohidrat, serat, kalsium dan juga vitamin untuk tubuh. Jika salah satu dari lima hal tersebut kamu lupakan, kelelahan bisa menyerang karena diet sangat berpengaruh pada tingkat energi yang dibutuhkan dan dikeluarkan dari tubuh. 

Menurut seorang dokter ahli gizi, biasanya tubuh membutuhkan energi, vitamin serta mineral untuk membuang sistem yang berlebihan sehingga menyebabkan kamu lebih cepat lelah. (Ratu Berita)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Ratu Berita - All Rights Reserved